Jumat, 23 September 2016

Hal Yang Menyebabkan Kualitas Sperma Buruk

0 komentar
Ketika anda dan pasangan mencoba membahas rencana kehamilan, maka 1 dari sekian topik yang sangat penting untuk diketahui adalah kualitas sperma. Kondisi sperma merupakan faktor penentu yang berkontribusi terhadap keberhasilan proses pembuahan. Sehingga, disini pria harus tahu faktor apa saja yang menyebabkan kualitas sperma menurun atau jumlah sperma berkurang.

Berikut Inilah Hal Yang Menyebabkan Kualitas Sperma Buruk


Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar hal yang menyebabkan kualitas sperma buruk.

Hal yang menyebabkan kualitas sperma buruk -, Kualitas kesuburan seorang pria turut menentukan harapan dan peluang memiliki keturunan. Kesuburan seorang lelaki ditentukan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kualitas sperma. 

Menurut pakar Andrologi dan Seksologi, Prof Dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAAC, untuk dapat membuahi sel telur, diperlukan kualitas sperma yang baik. Jumlah yang cukup banyak bukan satu-satunya jaminan karena tak jarang sperma yang ada lemah, bahkan mandul.

Sperma yang normal, menurut Wimpie, secara kasat mata dapat dinilai dari beberapa hal. "Warna kelabu pucat, aroma khas (seperti bunga akasia), volume sekitar 2-4 ml. Ketika baru dikeluarkan tampak gumpalan, yang dalam waktu beberapa menit akan mencair," ujarnya dalam sebuah jawaban konsultasi di kanal Kompas Health .

Namun untuk mengetahui kualitas dan kuantitasnya, apakah normal atau tidak, diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop. "Dari situ dapat disimpulkan, apakah kesuburan normal atau tidak normal," tambahnya.

Kondisi sel sperma seperti telah banyak dialami oleh kebanyakan pria zaman sekarang. Hal ini disebabkan kesadaran hidup sehat yang semakin menurun sehingga banyak yang melakukan pola hidup yang tidak sehat serta juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekarang yang tidak mendukung sel sperma yang sehat. Jenis makanan, pola makan hingga pola hidup yang tidak sehat membuat kualitas sel sperma turun dan bila trus berlanjut dapat memicu kemandulan. Inilah yang menyebabkan banyaknya kasus sulit untuk mendapat keturunan di jaman sekarang.

Ketahui Hal Yang Menyebabkan Kualitas Sperma Buruk pada Pria


-Alkohol

Mengkonsumsi alkohol baik dalam jumlah yang banyak akan menganggu sistem sarah dan membuat penyempitan pada pembuluh darah termasuk pada pembuluh darah termasuk pada pembuluh darah yang mengalir ke penis. Hal ini yang menyebabkan banyak peminum alkohol yang mengalami disfungsi seksual.

-Merokok

Rokok mengandung banyak bahan yang berbahaya bagi tubuh yang tidak hanya menganggu pernafasan namun juga mempengaruhi kesehatan organ intim. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang ada pada rokok bila masuk ketubuh maka akan menganggu peredaran darah dengan membuat pembuluh darah penyempitan termasuk pada pembuluh darah pada penis. Hal ini membuat alat reproduksi kekurangan nutrisi dan darah sehingga mengganggu kualitas dan kuantitas sperma dan tidak hanya itu organ intim akan mengalami impotensi dan ejakulasi dini

-Kekurangan Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan tidak hanya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh namun juga berguna untuk membantu organ reproduksi untuk menghasilkan sel sperma yang bagus yaitu dengan meningkatkan fungsi motilitas atau gerak sel. Sehingga tubuh yang memiliki asupan vitamin c yang maka akan menghasilkan sel sperma yang lincah dan geraknya yang cepat sehingga dapat dengan cepat membuahi sel ovum.

-Kekurangan Nutrisi

Organ reproduksi sama halnya dengan organ atau bagian tubuh lain yang juga membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan cukup agar dapat berfungsi dengan normal. Sehingga bila kondisi tubuh kekurangan nutrisi maka secara ototmatis akan membuat syaraf untuk berhemat energi sehingga hal ini akan membuat tubuh kekuarangn nutrisi dan tidak berfungsi dengan normal. Dalam hal ini organ reproduksi tidak dapat memproduksi sel sperma yang baik dan dalam jumlah yang banyak.

-Obat-obatan terlarang

Sama halnya dengan alkohol, Narkoba yang kebanyakan memiliki sifat depresan maka akan menggangu sistem syaraf dan membuat sistem tubuh menjadi tidak stabil. Hal ini membuat peredaran tubuh menjadi tidak lancar dan menghambat nutrsi dan oksigen ke organ reproduksi sehingga produksi sel sperma menurun dan menurunkan produksi hormon testosteron yang berpengaruhi pada agairah seksual. Makadari itu banyak pecandu narkoba yang mederita impotensi dan disfungsi seksual lainnya.

-Celana terlalu ketat

Penggunaan celana yang terlalu ketat maka akan meningkatkan suhu panas pada daerah pangkal paha sedangkan suhu panas tidak bagus untuk pertumbuhan sel-sel sperma. Oleh karena itu hindari penggunaan terlalu ketat dan gunakanlah celana pendek atau yang lebih longgar sehingga peredaran darah ke organ reproduksi tidak terganggu dan tentunya untuk kenyamanan anda sendiri,

-Stres

Kondisi kejiwaan atau stres merupakan salah satu dari sekian penyebab masalah kesehatan. Kondisi kejiwaan tidak hanya mempengaruhi kesehatan emosional, tetapi juga akan menyebabkan masalah lain, yaitu infertilitas pada pria.

-Jarang berhubungan intim

Jarang melakukan hubungan intim selain dapat menurunkan kadar sperma, juga dapat menyebabkan bentuk sperma berubah menjadi tidak sehat.

-Nonton TV

Secara tidak sadar, terlalu lama duduk dan menonton acara TV selain dapat menyebabkan obesitas juga dapat mengurangi jumlah produksi sperma. Peneliti dari British Journal of Sports Medicine menyebutkan, bahwa pria yang melakukan banyak aktifitas fisik secara teratur dan menghindari menonton TV memiliki kualitas sperma lebih baik.

-Menggunakan laptop

Menggunakan laptop dengan cara di pangku dapat menyebabkan efek buruk jangka panjang. Suhu panas yang dihasilkan oleh oleh dapat meningkatkan suhu di skrotum dan dapat mengurangi jumlah sperma.

Selain Alkohol, ada beberapa minuman yang berbahaya untuk kualitas sperma anda seperti :


-Minuman Berarkohol

Sudah banyak sekali peringatan kesehatan bagi para pecinta minuman beralkohol. Namun, dikarenakan mudahnya mendapatkan minuman jenis ini, masih banyak orang yang dengan mudah menikmati minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan. Bahkan minuman ini dapat menyebabkan kelainan pada struktur sperma. Hal ini juga berarti adanya resiko kemandulan pada pria.

-Minuman Bersoda

Minuman bersoda sangat digemari karena memberikan kesegaran yang lebih khususnya pada saat panas. Namun, minuman ini cukup berbahaya bagi pencernaan, ginjal, ataupun diabetes. Namun, banyak yang tidak menyadari adanya potensi minuman ini mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Kandungan bisphenol dalam botol plastik atau kaleng soda dapat menurunkan produksi sperma. Sehingga, ada baiknya konsumsi minuman bersoda dikurangi.

-Teh Mint

Teh banyak dipercaya baik untuk kesehatan, namun, saat berbentuk teh mint, minuman ini dapat mempengaruhi hormon seksual (androgen) pada pria. Hal ini juga berarti ada pengaruh pada perubahan hormonal dan produksi kadar testosterone pada kesuburan pria.
Baca Juga:  Makanan Yang Harus Di HIndari Selama Menstruasi

-Kopi

Kopi, jika dikonsumsi dengan kadar yang normal dapat menjadi minuman yang baik untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat mengurangi jumlah sperma pada pria. Hali ini dikarenakan zat phytoestrogen dalam kopi memiliki sifat melawan hormon seks pada pria sehat.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai hal yang menyebabkan kualitas sperma buruk. Saat ini yang dapat suami anda lakukan untuk mengatasinya adalah berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan faktor risiko yang kami sebutkan di atas dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. 

Terus kunjungi situs http://tehherbaluntukmengobatipenyakittbc.blogspot.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. 

Hal Yang Menyebabkan Kualitas Sperma Buruk

Leave a Reply

 

About