Sabtu, 10 Desember 2016

Trik Melawan Ketidaknyamanan di Kehamilan Trimester Ketiga

0 komentar
Bagi wanita hamil, trimester ketiga mungkin bisa membuat perasaan menjadi cemas, deg-degan, pokoknya tidak karuan, deh. Untuk menghindari pikiran-pikiran yang tidak jelas, lebih baik kamu fokus melakukan hal-hal yang bermanfaat di trimester ini. Harap dicatat, yah, di buku diary-mu agar tidak ada yang terlewatkan.

Trik melawan ketidaknyamanan di kehamilan trimester ketiga -, Selamat datang di salah satu blogspot resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi "trik melawan ketidaknyamanan di kehamilan trimester ketiga ".

Nah, berhubung pada blogspot resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaalloh mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!  

Perkembangan kehamilan Trimester Ketiga 


http://tehherbaluntukmengobatipenyakittbc.blogspot.com/2016/12/trik-melawan-ketidaknyamanan-di.html
Bersumber dari Alodokter -, Pada usia kehamilan trimester ketiga yaitu usia antara 7 bulan hingga menjelang persalinan. Ini merupakan tahap akhir dari proses kehamilan, dimana ibu harus mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan dan dapat merawat kehamilan yang semakin membesar. Ibu hamil seringkali mengeluhkan kehamilan menjelang persalinan. Kondisi ini membuat ibu kurang fokus dalam perawatan kehamilan di trimester ketiga. Padahal sama dengan trimester sebelumnya, ibu hamil pada trimester ketiga membutuhkan perawatan sehinga janin dapat lahir dengan sehat.

Perkembangan Ibu dan Janin Trimester Ibu memiliki perubahan fisik dan juga hormonal pada trimester ketiga. Ibu mengalami puncak produksi hormon kehamilan yaitu HCG, inilah yang menyebabkan ibu mengalami banyak perubahan. Perubahan yang dialami ibu hamil diantaranya adalah perubahan kulit wajah lebih kencang dan halus meskipun tidak melakukan perawatan wajah. Ibu mengalami produksi cairan vagina yang berubah-ubah dan payudara ibu hamil lebih kencang untuk mempersiapkan bayi menyusui.

Bahkan ibu hamil mengalami melunaknya dinding rahim untuk menanam blastosit. Proses ini akhirnya menghasilkan sumbatan pada saluran mulut rahim dan menyebabkan ibu mengalami kontraksi meskipun demikian kondisi ini normal terjadi pada ibu hamil. Sedangkan janin pada trimester ketiga mengalami proses tumbuh kembang sempurna yang siap menjelang hari kelahiran.

Trik Melawan Ketidaknyamanan di Kehamilan Trimester Ketiga


Rasa lelah. Pertambahan berat badan dan membesarnya ukuran rahim serta janin bisa membuatmu mudah kelelahan. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:
 
  • Perbanyak waktu istirahat. Kamu bisa tidur lebih awal pada malam hari dan membiasakan tidur siang. Bila kamu masih bekerja, ambillah istirahat singkat dengan memejamkan mata selama beberapa menit dan menaikkan kakimu.
  • Konsumsi makanan yang bisa menambah tenagamu seperti makanan berprotein dan berkarbohidrat kompleks (contohnya roti gandum atau kacang walnut). Selain itu, perbanyak juga mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  • Rutin berolahraga setiap hari seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga untuk ibu hamil. Olahragalah setidaknya 20 hingga 30 menit setiap harinya.
  • Minum air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi.
  • Batasi melakukan kegiatan yang tidak penting.

Sesak napas. Otot yang berada di bawah paru-parumu dapat tergencet rahim yang terus membesar. Hal ini membuat paru-paru sulit untuk mengembang dengan sempurna. Keadaan seperti ini bisa membuatmu sulit untuk bernapas.

Untuk mengatasi hal tersebut, coba perbaiki posisi tubuhmu agar paru-paru memiliki ruang yang cukup untuk berkembang. Saat tidur, kamu juga bisa menopang kepala dan bahu dengan bantal. Berolahraga juga bisa mengatasi hal ini.

Nyeri punggung. Keadaan ini dapat terjadi akibat punggungmu harus menopang bobot tubuh yang lebih berat dari biasanya. Rasa nyeri juga dapat disebabkan hormon relaksin yang berkembang selama kehamilan. Hormon tersebut bisa mengendurkan sendi di antara tulang-tulang di daerah panggulmu dan memicu rasa sakit pada punggung.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan tips berikut ini:

  • Latihan panggul. Posisikan tubuhmu seperti mau merangkak, tapi diam di tempat. Setelah itu goyangkan panggulmu ke atas dan ke bawah. Pastikan posisi punggungmu tetap lurus.
  • Tidurlah miring serta letakkan bantalan di belakang punggung dan selipkan bantal di antara kakimu.
  • Pastikan kamu duduk dengan tegak dan gunakan kursi yang menopang punggungmu dengan baik.
  • Gunakan sepatu yang nyaman. Gunakan sepatu dengan hak rendah, karena sepatu ini baik untuk menopang punggung
  • Kompres punggung dengan handuk hangat.

Dada terasa panas/terbakar. Hampir setengah dari ibu hamil akan mengalaminya.  Kondisi ini disebabkan oleh hormon kehamilan yang menyebabkan otot lambung menjadi rileks, serta membesarnya rahim sehingga isi lambung terdorong naik ke kerongkongan.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus teliti memilih makanan. Jauhi asupan makanan yang asam, pedas, berminyak, berlemak, dan mengandung kafein. Kamu disarankan untuk makan lebih sering namun dengan porsi yang sedikit. Jangan makan sambil berbaring atau mendekati waktu tidur.

Bolak-balik toilet. Makin mendekati persalinan, janinmu akan bergerak turun ke area panggul dan hal ini bisa membuatmu merasakan adanya tekanan pada kandung kemihmu. Kondisi tersebut mungkin bisa membuat frekuensi buang air kecil menjadi meningkat dan membuat air urine mudah bocor ketika kamu bersin atau tertawa.

Pastinya melelahkan bukan dengan tubuhmu yang seperti ini tapi kamu harus bolak-balik ke toilet. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan tips berikut:

  • Hindari asupan berkafein (kopi, teh, atau minuman kola) karena bisa membuatmu lebih sering buang air kecil.
  • Pastikan minum setidaknya 8 gelas sehari. Namun, jangan minum sebelum tidur.
  • Jangan menahan rasa ingin buang air kecil karena hal ini mungkin bisa meningkatkan frekuensimu ke toilet.
  • Lakukan senam kegel. Untuk mengetahui cara melakukan senam kegel

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://tehherbaluntukmengobatipenyakittbc.blogspot.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Link diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Trik Melawan Ketidaknyamanan di Kehamilan Trimester Ketiga

Leave a Reply

 

About